RPP Matematika
RPP
SIKLUS I
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : II/2
Waktu : 2 x 35 Menit
Hari/ Tanggal : Selasa, 5 Maret 2013
Tema : Peristiwa
A. Standar Kompetensi
Geometri dan pengukuran
4. Mengenal unsur – unsur bangun datar sederhana
B. Kompetensi Dasar
4.2 Mengenal sisi – sisi bangun datar
C. Indikator
1. Menjelaskan sisi- sisi pada bangun datar
2. Menyebutkan jumlah sisi bangun datar segi empat sembarang
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai diharapkan siswa dapat :
1. Mengidentifikasi sisi – sisi pada bangun segitiga
2. Mengidentifikais sisi – sisi pada bangun segi empat sembarang
E. Materi Pokok
- Menentukan sisi-sisi pada bangun datar, bangun datar bentuknya bermacam-macam ada yang berbentuk persegi, persegi panjang, segitiga dan lingkaran.
F. Metode
1. Demonstrasi
2. Tanya – jawab
3. Diskusi – kelompok
4. Penugasan
G. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
- Diawali dengan do’a dan salam
- Mengingatkan siswa atau merangsang daya ingat siswa tentang bangun datar dan tanya jawab tentang bangun datar
2. Kegiatan Inti
- Guru mempersiapkan alat praga berupa benda – benda yang ada di dalam kelas serta beberapa alat peraga yang disediakan oleh sekolah.
- Guru membagi siswa menjadi dua kelompok
- Guru mendemonstrasikan alat peraga benda – benda yang ada di dalam kelas
- Guru menjelaskan satu – persatu benda kongkrit yang ada di dalam kelas sesuai dengan materi yaitu bangun datar
- Setelah mendemonstrasikan alat peraga tentang bangun datar guru memberi tugas kepada kelompok siswa yang telahdi bentuk.
- Siswa mengerjakan tugas dengan cara diskusi kelompok
- Setelah selesai, siswa membacakan hasil diskusi kelompok dengan menunjuk perwakilan dari kelompok.
- Siswa mengerjakan pembetulan yang di berikan guru secara individu
3. Kegiatan Penutup
- Guru bersama iswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari
- Siswa diberi tugas rumah
- Salam
H. Sumber / Alat Belajar
1. Sumber
- Buku paket
- Buku lain yang relevan
2. Alat dan bahan
3. Alat dan bahan
- Benda kongkrit yang ada di dalam kelas
- Gambar macam – macam bangun datar
Lembar Kerja I (Tugas Kelompok)
A. Tugas
1. Amatilah gambar – gambar berikut ini !
2. Diskusikan dengan kelompokmu tentang pengelompokan bangun datar yang memiliki 3 sisi dan 4 sisi
3. Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas
Lembar kerja (Tugas Individu)
1. Jumlah sisi yang ada di smaping adalah
2. Jumlah sisi pada bangun segi sembarang di samping adalah
3.
|
|
| |||
4. Yang berbentuk tegak lurus adalah sisi ………. Dan……..
| ||||||
| ||||||
5.
|
|
|
Kunci Jawaban
1. 3 Sisi
2. 4 sisi
3. C
4. Sisi A dan B
5. Sisi A dan C
Mengetahui, Kepala SDN Kejayan 2 RUHANIYAH, S.Pd | Bondowoso, 27 Maret 2013 Mahasiswa NIA FEBRIYANTI |
RPP
SIKLUS II
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : II/2
Waktu : 2 x 35 Menit
Hari/ Tanggal : Jum’at, 8 Maret 2013
Tema : Peristiwa
I. Standar Kompetensi
Geometri dan pengukuran
4. Mengenal unsur – unsur bangun datar sederhana
J. Kompetensi Dasar
4.2 Mengenal sisi bangun datar
K. Indikator
1. Menjelaskan sisi- sisi pada bangun datar
2. Menyebutkan jumlah sisi – sisi bangun datar
L. Tujuan Perbaikan
1. Untuk meningkatkan hasil belajar materi jumlah sisi bangun datar
2. Untuk meningkatkan aktifitas belajar materi bangun datar
M. Materi Pokok
Materi pokok pembelajaran adalah menentukan sisi – sisi pada bangun datar
Bentuk Bangun | Nama Bangun | Jumlah Sisi |
| Segitiga | 3 sisi |
| Persegi Panjang | 4 sisi |
| Persegi | 4 sisi |
N. Metode
1. Demonstrasi
2. Tanya – jawab
3. Diskusi – kelompok
4. Penugasan
O. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
- Diawali dengan do’a dan salam
- Mengingatkan siswa kembali tentang bangun datar persegi, segitiga, perseti panjang.
2. Kegiatan Inti
- Guru mempersiapkan alat praga berupa benda – benda yang ada di dalam kelas serta beberapa alat peraga yang disediakan oleh sekolah.
- Guru membagi siswa menjadi dua kelompok
- Guru mendemonstrasikan alat peraga benda – benda yang ada di dalam kelas
- Guru menjelaskan satu – persatu benda kongkrit yang ada di dalam kelas sesuai dengan materi yaitu bangun datar
- Setelah mendemonstrasikan alat peraga tentang bangun datar guru memberi tugas kepada kelompok siswa yang telahdi bentuk.
- Siswa mengerjakan tugas dengan cara diskusi kelompok
- Setelah selesai, siswa membacakan hasil diskusi kelompok dengan menunjuk perwakilan dari kelompok.
- Siswa mengerjakan pembetulan yang di berikan guru secara individu
3. Kegiatan Penutup
- Guru bersama iswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari
- Siswa diberi tugas rumah
- Salam
P. Sumber / Alat Belajar
1. Sumber
- Buku paket
- Buku lain yang relevan
2. Alat dan bahan
- Benda kongkrit yang ada di dalam kelas
- Gambar macam – macam bangun datar
Lembar Kerja I (Tugas Kelompok)
B. Tugas
1. Potonglah segitiga diatas dan pasangkan sesuai dengan bangun yang ada pada lembar kerja
B. Lembar kerja (Tugas Individu)
1.
|
|
|
| |||
2. sisi ……….. lebih pendek dari pada sisi ………. Dan ……………
3. sisi yang panjang adalah sisi ….
4. Jumlah sisi yang ada di samping ada …….
5. Yang berbentuk tegak lurus adalah sisi ………. Dan ……..
Kunci Jawaban
6. Sisi A dan C
7. C
8. 4 sisi
9. 3 sisi
10. sisi A dan C
Mengetahui, Kepala SDN Kejayan 2 RUHANIYAH, S.Pd | Bondowoso, 27 Maret 2013 Mahasiswa NIA FEBRIYANTI |
(INSTRUMEN)
LEMBAR KERJA SIKLUS I
Nama :
Kelas : II (dua)
Mata Pelajaran : Matematika
Materi : Bangun Datar
Hari, Tanggal : Selasa, 13 Maret 20013
Waktu : 35 Menit
Soal! (Tugas Individu)
6. Jumlah sisi yang ada di smaping adalah
7. Jumlah sisi pada bangun segi sembarang di samping adalah
8.
|
|
| |||
9. Yang berbentuk tegak lurus adalah sisi ………. Dan……..
10.
|
|
|
(INSTRUMEN)
LEMBAR KERJA SIKLUS I
Nama :
Kelas : II (dua)
Mata Pelajaran : Matematika
Materi : Bangun Datar
Hari, Tanggal : Jum’at, 15 Maret 20013
Waktu : 35 Menit
Soal! (Tugas Individu)
1.
|
|
|
| |||
2. sisi ……….. lebih pendek dari pada sisi ………. Dan ……………
3. sisi yang panjang adalah sisi ….
4. Jumlah sisi yang ada di samping ada …….
5. Yang berbentuk tegak lurus adalah sisi ………. Dan ……..
HASIL TES SIKLUS I
No | Nama Siswa | Betul | Salah | Nilai |
1 | Wulida Sa’bana | 2 | 3 | 40 |
2 | Musdelifah Salimah | 3 | 2 | 60 |
3 | Fathorasi | 2 | 3 | 20 |
4 | Muhammad Mharus | 2 | 3 | 20 |
5 | Muhammad Rohit | 3 | 2 | 60 |
6 | Muhammad Candra | 1 | 4 | 20 |
7 | Mushammad Istibsaroh | 2 | 3 | 40 |
8 | Rifki | 2 | 3 | 40 |
9 | Saiful Rizal | 2 | 3 | 40 |
10 | Ramadhan | 3 | 2 | 60 |
11 | Muhammad Saenol | 1 | 4 | 20 |
12 | Muhammad Alwi | 2 | 3 | 40 |
13 | Agus Setiawan | 2 | 3 | 40 |
14 | Rofiki Riski | 3 | 2 | 60 |
Keterangan :
Dari 14 siswa :
a. 2 siswa mendapat nilai 20
b. 8 siswa mendapat nilai 40
c. 4 siswa mendapat nilai 60
HASIL TES SIKLUS II
No | Nama Siswa | Betul | Salah | Nilai |
1 | Wulida Sa’bana | 3 | 2 | 60 |
2 | Musdelifah Salimah | 4 | 1 | 80 |
3 | Fathorasi | 4 | 1 | 80 |
4 | Muhammad Mharus | 4 | 1 | 80 |
5 | Muhammad Rohit | 4 | 1 | 80 |
6 | Muhammad Candra | 4 | 1 | 80 |
7 | Mushammad Istibsaroh | 3 | 2 | 60 |
8 | Rifki | 4 | 1 | 80 |
9 | Saiful Rizal | 4 | 1 | 80 |
10 | Ramadhan | 3 | 2 | 60 |
11 | Muhammad Saenol | 4 | 1 | 80 |
12 | Muhammad Alwi | 4 | 1 | 80 |
13 | Agus Setiawan | 3 | 2 | 60 |
14 | Rofiki Riski | 4 | 1 | 80 |
Keterangan :
Dari 14 siswa :
a. 4 siswa mendapat nilai 60
b. 10 siswa mendapta nilai 80
INSTRUMEN
ALAT PERAGA
Comments
Post a Comment
komentari ya.....