PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP PERILAKU MORAL GENERASI MUDA INDONESIA.


Globalisasi merupakan suatu proses integrasi internasional yang di akibatkan pertukaran pandangan dunia, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lain. Majunya teknologi informasi merupakan suatu faktor adanya globalisasi yang mendorong dan mengakibatkan suatu ketergantungan antar aktivitas ekonomi dan budaya. Globalisasi adalah sebuah istilah yang berhubungan dengan ketergantungan dan keterkaitan antara manusia dan juga bangsanya dan bentuk-bentuk integrasi yang lain sehingga batas-batas negara semakin sempit.
            Globalisasi dapat meningkatkan hubungan internasional, globalisasi juga dapat mengakibatkan tersebarnya material atau imaterial keseluruh dunia, dan pengalaman di satu lokasi menjadi pengalaman diseluruh dunia.
            Generasi muda adalah generasi penerus bangsa yang menjadi tunas sebagai harapan bangsa, generasi muda menentukan apa yang dicita-citakan bangsa. Kata “generasi merupakan jangka waktu kehidupan sosial seorang manusia yang mendasar pada dorongan dan keterkaitan.
            Globalisasi memiliki dampak positif dan juga negatif terhadap moral, mental, dan nilai nasionalisme generasi muda indonesia. Salah satu dampak positifnya adalah sebuah informasi dapat lebih cepat di dapatkan dari pada menggunakan manual. Di lihat dari sisi negatif juga arus globalisasi sebagian besar di salah gunakan contohnya hanphon dipergunakan untuk menyimpan data-data yang tidak mendidik moral. Kebanyakan objeknya adalah para generasi muda, yang merupakan tunas penerus bangsa dimasa yang akan datang. Seharusnya sebagai calon penerus bangsa para remaja haruslah sibuk dengan menuntut ilmu, tidak dengan menyibukkan dan menikmati tontonan yang tersaji di era globalisasi
            Beberapa dampak positif dari globalisasi itu sendiri yaitu:
1.      Perubahan tatanan nilai dan sikap seseorang maksudnya adalah remaja yang  memiliki perubahan pola fikir yang awalnya irrasional menjadi rasinal.
2.      Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maksudnya ialah para generasi muda dapat berkreasi dan berinovasi dalam mengenal teknologi.
3.      Tingkat kehidupan generasi muda sebagai penerus bangsa menjadi lebih baik dengan adanya wawasan tentang dunia di luar.
Beberapa dampak negatif dari globalisasi yaitu:
1.      Generasi muda gampang sekali terpengaruh dengan budaya luar.
2.      Generasi muda lebih mementingkan diri sendiri dari pada orang lain, inilah yang menyebabkan mereka lupa bahwa mereka adalah makluk sosial yang saling membutuhkan.
3.      Gaya hidup para  generasi muda cendrung meniru gaya kebarat-baratan.
4.      Menyebabkan kesenjangan sosial yang dapat memisahkan dan membedakan antara orang kaya dan juga orang miskin.
            Remaja memiliki salah satu karakter khas yaitu identifikasi (peniruan dan penyeragaman)  dalam suatu kelompok tertentu. Generasi muda membutuhkan panutan untuk bisa ditiru, kita juga harus mengakui bahwa saat ini remaja miskin figur untuk di jadikan panutan atau contoh. Pengaruh tontonan televisi sangatlah berpengaruh terhadap prilaku seseorang jika tayangan yang di tayangkan itu bermutu maka seseorang akan berprilaku baik, beda halnya jika yang ditayangkan kurang bermutu maka akan menyebabkan seseorang berprilaku tidak baik. Remaja menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau peralihan dikarenakan pada usia remaja belum memproleh status antara status anak atau sudah dewasa.
            Globalisasi juga membawa pengaruh besar terhadap perubahan suatu tingkahlaku generasi muda indonesia, perubahan prilaku mereka di awali dengan perubahan  pergaulan dari lingkungan sekitar. Generasi muda di indonesia merupakan generasi yang memiliki karakter dan memiliki budi luhur serta menjunjung tinggi moral dan etika dalam pergaulan, akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman maka pola fikir serta tingkah laku dan sikap generasi muda di indonesia mengalami banyak sekali perubahan.
            Manusia menyebut kemanusia atau orang lain dalam tindakan yang memiliki nilai positif disebut dengan moral, moral adahal hal penting yang harus di miliki oleh generasi muda, jika generasi muda indonesia tidak memiliki moral maka tidak akan memiliki nilai positif dimata manusia yang lain dan tidak akan pernah dihormati. sehingga Moral adalah hal mutlak yang harus dimiliki setiap individu. Moral adalah hal adalah hal-hal yang berhubungan dengan proses sosialisai individu  tanpa adanya moral maka setiap manusia tidaka akan pernah bisa melakukan proses sosialisasi.
 Penilaian terhadap moral dapat di ukur dari kebudayaan lingkungan masyarakat. Karena menyangkut perbuatan, tingkah laku, dan ucapan seseorang dalam berintegrasi dengan orang lain. Orang yang dianggap memiliki moral yang baik adalah seseorang yang memiliki prilaku sesuai dengan nilai yang di junjung tinggi dan berlaku di dalam masyarakat tersebut. Moral berkaitan dengan kemampuan untuk membedakan anatara perbuatan yang benar dan salah. Moral juga merupakan produk dari budaya dan juga agama.
            Sebagian besar generasi muda di indonesia sudah rusak moral (akhlaknya) dan prilakunya, budaya islam yang seharusnya di kembangkan dan dijadikan sebagai filter atau penyaring dilupakan bahkan dilecehkan. Generasi muda sudah kehilangan takaran iman yang tidak bisa menepis pengaruh budaya dari luar yang merusak generasi bangsa sendiri. Dengan rusaknya moral dan akhlak generasi muda, maka secara perlahan akan merusak suatu tatanan dan juga norma suatu bangsa.  Pada generasi muda saat ini terjadi perubahan dalam konsep-konsep. Pada saat ini anak remaja tidak dapat menerima konsep-konsep dari hal-hal yang benar dan yang tidak benar, dari oramg tuanya sendiri bahkan kebanyakan dari mereka menentang siapapun yang menasehati mereka.
            Moral memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran khususnya di indonesia, di karenakan moral sebagai pembentuk pribadi manusia yang berakhlak mulia seutuhnya dalam menghadapi di mensi kehidupan. Globalisasi melanda negri menimbulkan banyak tuntutan peningkatan pendidikan moral pada lembaga pendidikan dikarenakan pendidikan di sekolah di anggap sebagai wadah formal yang di yakini mampu berperan aktif dalam membentuk pribadi generasi muda melalui intensitas moral.
            Selain merusak moral dan prilaku generasi muda  globalisasi juga sangat memberi pengaruh yang dapat menimbulkan pengaruh negatif bagi kebudayaan-kebudayaan bangsa indonesia. Sebagaimana bahwa  norma-norma yang terkandung dalam kebudayaan bangsa indonesia perlahan-perlahan sudah mulai luntur, gaya bahasa anak remaja sebagai generasi muda yang harusnya di junjung tinggi sekarang sudah tidak penting lagi bagi para remaja. Dikarenakan mereka selalu mengikuti tata cara berbahasa pada suatu tempat dimana mereka itu tingggal, mereka juga terlalu jauh mengikuti era modernisasi  yang sekarang terjadi begitu cepat dan tercampurnya oleh budaya-budaya luar yang tidak seharusnya mereka ikuti dan mereka terapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Globalisasi juga menimbulkan nilai yang baru tentang kesatuan dunia.
            Sebagai para generasi muda Indonesia kita harus mampu mengkolaborasikan antara produk budaya dengan teknologi, sebagai generasi muda indonesia kita juga perlu melestarikan kebudayaan kita sendiri sebagai calon penerus bangsa. dan kita perlu membentengi diri di era globalisasi maka dari itu perlu sikap tegas yaitu bijaksana maksudnya membuka diri terhadap perkembangan globalisasi saat ini. Waspada, dan juga mampu memilih yang terbaik dan memilih pergaulan sesuai dengan kepribadian yang ditetapkan bangsa dan menjalankan nilai-nilai agama.


Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR SEL TUMBUHAN DAN HEWAN

Pembelajaran kelas rangkap modul 1 dan 2

RPP BIOLOGI SMA KELAS X