RPP BIOLOGI SMA KELAS X
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KOMPETENSI DASAR 2.1
Nama Sekolah : SMA Muhammadiyah
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X / I
Alokasi Waktu : 3 x 45 Menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk
hidup
Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan pengertian, ciri-ciri, replikasi dan
peranan virus dalam kehidupan
I. Indikator
1. Mendeskripsikan pengertian virus
2. Mendeskripsikan ciri-ciri virus
3. Mengidentifikasi struktur virus
4. Menjelaskan proses replikasi pada virus
5. Menjelaskan peranan vnirus bagi kehidupan baik virus yang menguntungkan dan yang merugikan.,
6. Mendeskripsikan penularan dan pencegahannya.
II. Materi Pembelajaran
Materi Pokok : Virsu
Sub Materi :
Pertemuan I
- Mendeskripsikan pengertian virus
- Mendeskripsikan ciri-ciri virus
- Mengidentifikasi struktur virus
Pertemuan II
- Menjelaskan proses replikasi pada virus
- Menjelaskan peranan virus bagi kehidupan antara yang menguntungkan dan merugikan.
- Mendeskripsikan penularan virus dan pencegahannya.
III. Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran
Pertemuan I Konstruktivis
Pertemuan II Kontruktivis
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I (2 x45)
Tujuan pembelajaran
Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat :
1. Mengidentifikasi pengertian virus
2. Mengindetifikasi ciri-ciri virus
3. Mengidentifikasi struktur virus
4. Menjelaskan proses reproduksi virus
a. Kegiatan Awal (5 menit)
· Guru mengucapkan salam
· Guru memotifasi murid/ siswa dengan menunjukkan gambar virus dan menanyakan kepada siswa kira-kira gambar apa yang dipegang atau ditunjukkan guru.
· Guru berharap murid bias menyebutkan kalau itu ciri-ciri dari gambar virus.
b. Kegiatan Inti (80 menit)
· Eksplorasi
· Guru menjelaskan tentang pengertian virus
· Guru menjelaskan tentang ciri-ciri virus
a. Ukurannya kecil berukuran (20m – 30 m)
b. Bersifat mikrokopis
c. Tidak memiliki sitoplasma dan organel sel sehingga tidak dapat melakukan metabolisme.
d. Hanya dapat hidup dan berkembang biak dalam sel mahluk hidup yang cocok dll.
· Reproduksi daur hidup virus :
a. Tipe litik
b. Tipe lisogenik
c. Kegiatan penutup
· Guru bersama siswa membuat simpulan hasil belajar
· Guru memberikan post test untuk mengetahui daya serap siswa terhdap materi yang baru saja dipelajari
· Guru menutup pertemuan dengan mengucapkan salam
Pertemuan II (1 x 45)
Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran ini peserta didik
· Peserta didik memahami peranan virus bagi kehidupan
· Peserta didik memahami penularan virus dan cara mencegah agar virus tidak menyerang kita.
Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan Awal (5 menit)
· Guru mengucapkan salam
· Guru menjelaskan kembali tentang materi yang disampaikan sebelumnya meskipun sedikit.
· Guru menyebutkan indicator keberhasilan yang harus dicapai siswa dalam belajar.
B. Kegiatan Inti (35 Menit)
· Guru menjelaskan peranan virus bagi kehidupan baik yang menguntungkan dan virus yang merugikan.
· Guru mendeskripsikan penularan dan cara mencegah penularan virus
· Deskripsi
Peranan virus bagi kehidupan
a. Peranan virus yang menguntungkan
1) Bidang farmasi / kedokteran
2) Dalam bidang pertanian
3) Dalam bidang makanan
b. Peranan virus yang merugikan
1) Penyebaran virus yang sudah ada dari satu spesies ke spesies yang lain.
2) Mutasi dari virus yang telah ada.
Penularan dan pencegahan virus
a. Penularan virus
· Pada manusia dapat terjadi karena adanya kontak fisik 1 transfusi darah.
· Pada tanaman dapat terjadi secara horizontal.
· Pada hewan dapat terjadi karena gigitan.
b. Pencegahan
· Dengan cara hidup bersih
· Pemberian vaksin, operasi, radiasi dll
C. Kegiatan Akhir/ Tindak lanjut (5 menit)
- Guru member tugas kepada siswa
V. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
Alat Bahan : Alat tulis, LCD, buku paket, LKS Kelas X
Penilaian :
Siswa merangkum materi yang disampaikan
Sumber belajar :
1. Buku Biologi SMA Kelas X
2. LKS Kharisma Biologi SMA Kelas X
3. Internet
4. Referensi lain yang relevan
Penilaian
- Mengerjakan LKS Kelas X dari hal 31 – 32
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Hesti Nur Hayati, S.Si NIP. | Bondowoso, Oktober 2012 Guru PPL Afini Indah F. NIM. 09.2.1340 |
Mengetahui Kepala SMA Muhammadiyah Drs. Wayan Gd. Suantara NIP. 19580121 198903 1 005 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KOMPETENSI DASAR 2.2
Nama Sekolah : SMA Muhammadiyah
Mata Pelajaran : Biologi
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan
makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan tentang ciri-ciri bakteri, struktur
tubuh bakteri, bentuk-bentuk bakteri, klasifikasi bakteri dan peranan bakteri bagi kehidupan.
I. Indikator
1. Mendeskripsikan ciri dan struktur bakteri
2. Mendiskripsikan bentuk-bentuk bakteri
3. Membedakan ciri dan sifat Archeobacteria dan Eubacteri
4. Menjelaskan berbagai peranan bakteri yang menguntungkan dan merugikan bagi kehidupan.
II. Materi Pembelajaran
Materi Pokok : Bakteri / Archeobacteria dan Eubacteria
Sub-sub Materi :
Pertemuan I dan II :
1. Ciri-ciri dan struktur Eubacteria
2. Macam-macam bentuk koloni sel Eubacteria
3. Perbedaan ciri dan sifat Archeobacteria dan Eubacteria
Pertemuan III :
1. Cara perkembangbiaka Eubacteria
2. Peranan bakteri yang menguntungkan dan merugikan bagi kehidupan
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Pembelajaran kontektual
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I (2 x 45 menit)
Tujuan Pembelajaran
Melalui Pembelajaran ini peserta didik dapat :
1. Mendeksripsikan ciri dan struktur eubacteria
2. Mendeskripsikan bentuk-bentuk eubacteria
3. Membedakan ciri dan sifat Archeobacteria dan Eubacteria
Kegiatan Awal (10 menit)
1. Guru memberikan/ mengucapkan salam
2. Guru memberikan pre test berkaitan dengan mteri yang akan dipelajari
3. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas
Kegiatan Inti (75 menit)
Eksplorasi atau diskripi
1. Guru menjelaskan mengenai ciri umum eubacteria :
· Bersifat prokariotik/ belum mempunyai membrane inti
· Organisme bersel satu/ uniseluler
· Hidupnya berkoloni/ kelompk
· Bersifat mikroskopik
· Mempunyai dinding sel yang tersusun dari protein peptidoglikan dan glikoprotein.
2. Guru menjelaskan struktur eubacteria :
· Kapsul, menlindungi seluruh isi sel
· DNA, membawa sifat genetik
· Sitoplasma, cairan sel yang hidup dll
3. Guru menjelaskan tentang macam-macam koloni sel eubacteria
· Bentuk basil/ batang
· Bentuk bulat/ cocus
· Bentuk spiral
4. Guru menjelaskan klasifikasi eubacteria
· Berdasarkan cara mendapatkan makanan
· Berdasarkan cara mendapatkan energy dan oksigen
· Berdasarkan jumlah dan letak flagela
Kegiatan Akhir (5 menit)
Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk mengerjakan LKS hal 42.
V. Media Pembelajaran
Alat dan Bahan : Alat tulis, LKS, buku paket
Sumber Belajar :
· Gut Windarsih, Rohana Kusumawati dkk, 2010. Biologi untuk SMA kelas X Semester 1 & 2. Penerbit Intan Pariwara, Jakarta.
· LKS Kharisma Semester I.
VI. Penilaian
· Penilaian terhadap ketanggapan anak dalam mendengarkan penjelasan guru.
· Penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa.
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Hesti Nur Hayati, S.Si NIP. | Bondowoso, Oktobe r 2012 Guru PPL Afini Indah F. NIM. 09.2.1340 |
Mengetahui Kepala SMA Muhammadiyah Drs. Wayan Gd. Suantara NIP. 19580121 198903 1 005 |
RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP)
KOMPETENSI DASAR 2.3
Nama Sekolah : SMA Muhammadiyah
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X / I
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan
makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam Kingdom
Protista dan peranannya bagi kehidupan
I. Indikator
1. Mendeksripsikan ciri-ciri protista
2. Mengenali protista berdasarkan ciri-ciri morfologinya
3. Membedakan organisme protista mirip hewan, mirip tumbuha, dan mirip jamur.
4. Menjelasksan cara-cara perkembangbiakan organisme protista
5. Memberi contoh peranan protista bagi kehidupan
6. Mengindentifikasi protista yang menguntungkan dan merugikan kehidupan manusia.
II. Materi Pembelajaran
Materi Pokok : Protista
Sub Materi : Protista Mirip jamur
III. Metode Pembelajaran
Pembelajaran kooperatif, ceramah bervariasi, Tanya jawab.
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini diharapkan siswa dapat :
1. Mendeskripsikan ciri-ciri umum protista
2. Mengenali protista berdasarkan ciri-ciri morfologinya
3. Membedakan protista antara protista mirip hewan, mirip tumbuhan dan mirip jamur.
4. Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan organism protista.
5. Memberi contoh peranan protista bagi kehidupan.
6. Mengidentifikasi protista yang menguntungkan/ merugikan bagi kehidupan
V. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal (10 menit)
· Guru mengucapkan salam
· Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dipelajari
· Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas
b. Kegiatan Inti (120 menit)
Eksplorasi
1. Guru menjelaskasn mengenai ciri-ciri protista secara umum
2. Guru menjelaskan mengenai protista mirip hewan (protozoa) meliputi:
a. Ciri-ciri protozoa
b. Struktur tubuh protozoa
c. Cara reproduksi
d. Klasifikasi protozoa
§ Kelas Rhizopoda (sarcodina)
§ Kelas flagellate (masthigopora)
§ Kelas cilliata (ciliophora)
§ Kelas sporozoa
e. Peranan protozoa :
§ Protozoa menguntungkan
§ Protozoa merugikan
3. Guru menjelaskan mengenai protista mirip tumbuhan (alga/ ganggang), meliputi :
a. Ciri-ciri alga
b. Klasifikasi Alga :
§ Euglenophyta
§ Chrysophyta (ganggang keemasan)
a. Ganggang hijau kuning (canthophyceae)
b. Ganggang coklat keemasan
c. Bacilliariophyceae (oratom)
§ Pyrrhophyta (ganggang api)
§ Chlorophyta (ganggang hijau), dll
4. Guru menjelaskan mengenai protista mirip jamur meliputi :
a. Ciri-ciri protista mirip jamur
b. Klasifikasi jamur
§ Myomyta (jamur lender)
§ Oomycota (jamur air)
c. Peranan protista mirip jamur
§ Jamur menguntungkan
§ Jamur merugikan
c. Kegiatan Penutup (5 menit)
· Guru bersama siswa membuat simpulan hasil belajar
· Guru memberikan protest untuk mengetahui daya serap siswa terhadap materi yang baru saja dipelajar
· Guru memberikan tugas berupa :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA Muhammadiyah
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X / I
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan mahluk
hidup
Kompetensi Dasar : 2.3 Mendeskripsikan ciri-ciri cyanobacteria, struktur,
reproduksi, klasifikasi dan peranan cyanobacteria bagi kehidupan
I. Indikator
1. Mendeksripsikan ciri-ciri dan struktur cyanobacteria
2. Menjelaskan tentang perkembangbiakan cyanobacteria
3. Menjelaskan klasifikasi/ pengelompokan cyanobacteria
4. Menjelaskan pernan cyanobacteria yang menguntungkan dan merugikan bagi kehidupan.
II. Materi Pembelajaran
Materi Pokok : Cyanobacteri
Sub-sub materi :
Pertemuan I :
1. Ciri-ciri dan struktur cyanobacteria
2. Cara perkembangbiakan cyanobacteria
3. Pengelompokkan/ klasifikasi cyanobacteria
Pertemuan II :
Peranan cyanobacteria yang menguntungkan dan merugikan bagi kehidupan.
III. Metode Pembelajaran
Pembelajaran.
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I (2 x 45 menit)
Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat :
1. Mendeskripsikan ciri dan struktur cyanobacteria
2. Menjelaskan tentang perkembangbiakan cyanobactercia.
Kegiatan Awal (10 Menit)
· Guru mengucapkan salam
· Guru mengabsen siswa
· Guru menulis topik/ judul yang akan disampaikan
Kegiatan Inti (120 Menit)
· Guru menerangkan tentang cyanobacteria
· Guru menanyakan tentang pengertian cyanobacteria
Deskripsi
Ciri-ciri cyanobacteria :
1. Cyanobacteria berukuran 1-60 mmm
2. Cyanobacteria hidup berkoloni/ berkelompok.
3. Cyanobacteria ada yang bersel tunggal/ uniseluler dan ada yang bersel banyak/ multiseluler.
Struktur cyanobacteri :
1. Dinding sel : untuk melindungi dan mempertahankan bentuk sel agar tetap.
2. Sitoplasma, tempat berlangsungnya reaksi metabolik.
3. Membran sel, untuk mengatur keluar masuknya zat ke dalam sel.
4. Lamella fotosintetik, untuk proses fotosistesis
5. Asa inti (DNA) untuk menentukan sifat
6. Mesosom, untuk menghasil energy
Reproduksi cyanobacteria :
1. Pembelahan sel/ pembelahan biner
2. Fragmentasi adalah cara memutuskan bagian tubuh tumbuhan yang kemudian membentu individu baru.
3. Pembentukan spora.
Klasifikasi cyanobacteria :
1. Cyanobacteria bersel satu
2. Cyanobacteria yang berkelompok
3. Cyanobacteria yang berbentuk benang
Peranan cyanobacteria :
1. Cyanobacteria yang menguntungkan :
§ Sebagai obat anti jamur
§ Sebagai sumber makanan alternatif
§ Dalam ekosistem perairan sebagai produsen bagi udang, ikan kecil
2. Cyanobacteria yang merugikan :
§ Melapukkan tanah dan batu, tembok
§ Ganggang hijau yang hidup di air ada yang beracun
Kegiatan Penutup (5 Menit)
· Guru member tugas kepada siswa untuk mencatat ciri-ciri sampai cyanobacteria yang menguntungkan/ merugikan kehidupan/ membuat kesimpulan dalam bentuk catatan.
V. Media Pembelajaran
Alat dan Bahan : buku tulis/ alat tulis, buku paket, LKS
Sumber Belajar :
· Diah Asulia, Syalfifa, 2002. Biologi untuk SMA kelas X Semester I Penerbit : esis, Erlangga, Jakarta
· LKS Kharisma, 2012. Tentang Biologi SMA Kelas X semester I, CV Haka MJ.
VI. Penilaian
Penilaian setiap/ masing-masing siswa waktu mendengarkan guru dan menerangkan.
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Hesti Nur Hayati, S.Si NIP. | Bondowoso, Oktobe r 2012 Guru PPL Afini Indah F. NIM. 09.2.1340 |
Mengetahui Kepala SMA Muhammadiyah Drs. Wayan Gd. Suantara NIP. 19580121 198903 1 005 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KOMPETENSI DASAR 2.4
Nama Sekolah : SMA Muhammadiyah
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X / I
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsi pengelompokan mahluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jensi jamur berdasarkan
hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literature serta perannya bagi kehidupan.
I. Indikator
1. Mendeskrpsikan ciri-ciri, bentuk dan struktur jamur.
2. Menjelaskan perbedaan jamur dengan tumbuhan tingkat tinggi
3. Menjelaskan reproduksi jamur
4. Menjelaskan peranan jamur dalam kehidupan
II. Materi Pembelajaran
Materi Pokok : Jamur (Fungi)
Sub-sub materi :
Pertemuan I
· Ciri-ciri, bentuk dan struktur jamur
· Perbedaan jamur dengan tumbuhan tingkat tinggi
Pertemuan II
· Reproduksi jamur
· Peranan jamur dalam kehidupan
III. Metode Pembelajaran
Pembelajaran Kooperatif
Model Pembelajaran
Pertemuan I : Ceramah
Pertemuan II : Ceramah dan Tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I (2 x 45 menit)
Tujuan Pembelajaran :
Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat :
· Menjelaskan ciri-ciri umum division dalam kingdom fungi
· Menjelaskan dasar pengelompokan fungsi
· Menjelaskan struktur tubuh jamur dari berbagai golongan
· Menjelaskan klasifikasi jamur berdasarkan ciri-ciri morfologinya
A. Kegiatan Awal (10 Menit)
· Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan diajarikan.
· Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.,
B. Kegiatan Inti (70 Menit)
Deskripsi
· Ciri-ciri umum jamur antara lain :
a. Sel jamur bersifat eukariotik (mempunyai selaput inti)
b. Bersifat heterotrof
c. Tidak mengandung klorofil
d. Dapat hidup di semua tempat terutama tempat yang lembab
· Berdasarkan bentuk sel dan struktur yang menyusunnya jamur dibedakan menjadi :
a. Khamir/ jamur bersel tunggal
b. Kapang/ jamur yang selnya bentuk filament
c. Cendawan/ jamur yang berfilamen dan membentuk tubuh yang besar.
· Klasifikasi jamur yaitu :
a. Jamur zygomycota
b. Jamur ascomycota
c. Jamur basidiomycota
d. Jamur deuteromycota
C. Kegiatan Akhir (10 Menit)
· Guru bersama siswa membuat simpulan hasil belajar
· Guru membernikan tugas kepada peserta didik untuk mempelajari reproduksi jamur.
Pertemuan II (1 x 45 menit)
Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat :
a. Menjelaskan reproduksi jamur
b. Menjelaskan simbiosis jamur
c. Menjelaskan peranan jamur
Langkah-langkah kegiatan
A. Kegiatan Awal (5 Menit)
· Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
· Guru memberikan pengatar tentang materi yang akan dibahas.
B. Kegiatan Inti (35 Menit)
Eksplorasi/ deskripsi
· Reproduksi jamur
a. Reproduksi Aseksual
§ Pembentukan tunas/ kuncup
§ Fragmentasi
§ Konidia
§ Zoospore
§ Klamidospora
b. Reproduksi Seksual
§ Zigospora
§ Askospora
§ Basidiospora
· Simbiosis jamur :
a. Lumut kerak/ Lichenes
Berdasarkan bentuk pertumbuhannya likon terdiri tiga tipe yaitu : kurstosa, foliosa dan futikosa.
b. Mikoriza
Meliputi ektomikokriza dan endomikoriza.
· Peranan jamur :
a. Jamur yang menguntungkan
b. Jamur yang merugikan
C. Kegiatan Akhir (5 Menit)
· Guru dan siswa membuat simpulan hasil belajar
· Guru memberi tugas LKS dengan mengerjakan 50 soal pilihan ganda dan 5 soal ulangan hal 95-102
V. Media Pembelajaran
Alat dan bahan : Alat tulis, buku paket, LKS
Sumber Belajar :
1. Sukarno, Djamhur Witasasmita, dkk. 199. Biologi untuk SMA kelas X. Penerbit : Depdikbud : Jakarta.
2. LKS Kharisma kelas X semester I.
3. Gut Windarsih, Rohana Kusumawati, dkk. 2010. Biologi untuk SMA kelas X. penerbit : Intan Pariwara : Jakarta.
VI. Sumber Belajar/ Penilaian
Sumber Belajar
1. Buku Biologi SMA Kelas X
2. LKS Kharisma Biologi SMA Kelas X
3. Internet
Penilaian
Mengerjakan LKS kelas X dari hal 95-102
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Hesti Nur Hayati, S.Si NIP. | Bondowoso, Desember 2012 Guru PPL Afini Indah F. NIM. 09.2.1340 |
Mengetahui Kepala SMA Muhammadiyah Drs. Wayan Gd. Suantara NIP. 19580121 198903 1 005 |
PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KELAS : X
MATA PELAJARAN : Biologi
A. PERHITUNGAN PEKAN DAN JAM EFEKTIF
1. Banyak Pekan 2. Banyak Pekan Tidak Efektif
No | Nama Bulan | Banyak Pekan | | No | Nama Bulan | Banyak Pekan |
1 | Juli 2012 | 3 | | 1 | Juli 2012 | 2 |
2 | Agustus 2012 | 5 | | 2 | Agustus 2012 | 4 |
3 | September 2012 | 4 | | 3 | September 2012 | - |
4 | Oktober 2012 | 4 | | 4 | Oktober 2012 | - |
5 | Nopember 2012 | 5 | | 5 | Nopember 2012 | - |
6 | Desember 2012 | 4 | | 6 | Desember 2012 | 1 |
7 | Januari 2013 | 5 | | 7 | Januari 2013 | 1 |
Jumlah | 30 | | Jumlah | 8 |
3. Banyak Pekan Efektif 4. Banyak Jam Efektif
30 – 8 = 22 Pekan 22 x 3 JP = 66 Jam
B. DISTRIBUSI WAKTU EFEKTIF
NO | KOMPETENSI DASAR | ALOKASI WAKTU (JP) | KET. |
1 | 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi | 2 | |
1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma) | 2 | | |
Ulangan Harian | 2 | | |
2 | 2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi dan peran virus dalam kehidupan | 4 | |
2.2 Mendeskrpsikan ciri-ciri dan jenis-jenis Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan | 8 | | |
2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dan kingdom Protista dan peranannya bagi kehidupan | 8 | | |
2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan. | 7 | | |
Ulangan Harian | 2 | |
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Hesti Nur Hayati, S.Si NIP. | Bondowoso, Desember 2012 Guru PPL Afini Indah F. NIM. 09.2.1340 |
Mengetahui Kepala SMA Muhammadiyah Drs. Wayan Gd. Suantara NIP. 19580121 198903 1 005 |
Comments
Post a Comment
komentari ya.....